Belajar PHP bagi Pemula - Part 1 : Pengnalan PHP



PHP atau  Hypertext Prepocessor yang merupakan bahasa pemrograman yang didesain untuk pengembangan web site. PHP adalahh bahasa side server karena PHP diproses pada computer server. jadi dijalankan pada computer server bukan computer client seperti pada JavaScript yang diproses pada web browser.
                Pada mulanya PHP merupakan singkatan dari personal home page yang digunakan untuk membuat web site pribadi. Akan tetapi dalam perkembangannya, PHP menjadi bahasa pemrograman yang powefull dan banyak digunakan untuk membuat halaman web yang sederhana namun situs-situs besar seperti facebook, wordpress,Wikipedia, dan lain-lain.
                PHP ini mulai dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdofr, yang diberi nama  FI(Form Interpreted). Lalu pada tahun 1997 PHP versi 2.0 dirilis, diversi ini sudah terintegrasi dengan bahasa pemrograman C dan dilengkapi dengan modul sehingga kualitasnya meningkat secara signifikan. pada tahun ini juga Zend merilis ulang PHP yang bersih,baik dan lebih cepat. Pada tahun 1998 diluncurkan lagi PHP versi 3.0. 
                Pada tahun 1999 rilis lagi PHP versi 4.0. Ini merupakan versi php yang paling banyak digunakan pada awal abad 21 karena sudah mampu membangun web yang kompleks dengan stabilitas yang tinggi. Selanjutnya pada tahun 2004 rilis kembali PHP 5.0, dalam versi ini inti interpreter PHP mengalami perubahan besar sekaligus memasukan model pemrograman berorientasi objek dalam php versi ini. 
PHP ini bersifat gratis dan Open Source. PHP ini digunakan sebagai pelengkap untuk membuat web site agar web site lebih dinamis. Karena jika kita hanya menggunakan HTML dan CSS maka akan menghasilkan web statis. Jadi jika HTML adalah pondasinya, CSS adalah menentukan bentuk dan tampilan rumah sedangkan PHP digunakan untuk membuat aksi pada rumah. Seperti menyimpan data ke database,membuat halaman yang berubah-ubah sesuai inputan user, serta memproses form dan lain-lain 
 Beberapa kelebihan bahasa pemrograman PHP dibanding yang lain :


  • Bahasa PHP adalah sebuah script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
  • Bahasa PHP merupakan bahasa open source dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.
  • Lebih mudah dalam sisi pengembangan developer.
  • PHP merupakan bahasa yang paling mudah karena memilki banyak referensi.
Cara menjalankan PHP di localhost kamu bisa melihat di tutorial selanjutnya.
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *