Belajar HTML Part 1 : Pengenalan HTML


HTML  atau Hyper Text Language adalah Bukanlah sebuah bahasa pemrograman melainkann salah satu bahasa Mark up yang biasa digunakan untuk dasar membuat web site. Dalam bahasa ini tidak ditemukan struktur yang biasa ditemukan dibahasa lain seperti IF,LOOP, dan lain-lain. HTML hanya sebuah bahasa yang fungsinya menandai bagian dari sebuah halaman. HTML merupakan yang wajib di kuasai oleh seorang developer, karena bahasa pemrograman ini merupakan dasar untuk membuat web site. HTML diibaratkan sebagai pondasi dalam sebuah rumah yang menentukan bentuk rumah akan seperti apa. File HTML disimpan dengan extensi .html dan bisa di eksekusi/dijalankan di web browser seperti Chrome,Mozila,Explorer,Opera dan lain-lain.
Untuk membangun sebuah web site tidak cukup hanya menggunakan HTML saja, kita juga perlu membutuhkan bantuan dari CSS, JavaScript agar web kita lebih menarik dan dinamis. Jika web kita hanya menggunakan HTML saja maka web tersebut termasuk web statis karena tidak bisa melakukan aksi-aksi seperti memasukan data,menghapus dan lain sebagainya.
HTML memiliki beberapa elemen yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsi yang berbeda. Seperti tag table, heading,paragraph,form, list dan lain sebagainya. Adapun beberapa kegunaan HTML adalah sebagai berikut :
1.       Membuat Table
2.       Membuat Form
3.       Membuat Garis
4.       Membuat List
5.       Membuat Heading
6.       Membuat Huruf tebal/miring
7.       Menampilkan Gambar
8.       Menampilkan Video
Untuk pemula yang ingin belajar dasar membuat web bisa menggunakan bebrapa text editor (aplikasi yang digunakan untuk menuliskan kode program) dibawah ini :
1.       Sublime Text : text editor ini sangat saya sarankan karena penggunaanya yang sangat mudah. Editor ini merupakan text editor yang paling banyak digunakan oleh paraprogramer. Dari segi penampilan elegan dan kita bisa menemukan kode program yang error dengan mudah.
2.       Notepad++ : Text editor ini free lisensi jadi bisa digunkan tanpa mengeluarkan biaya,akan tetapi kita akan kesulitan untuk melakukan pencarian kode yang error. Karena kita harus meneliti kode program satu persatu.
Diiatas ada 2 Text Editor  yang sering digunakan, semoga artikel ini membantu teman-teman.

x
First

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *