Belajar Java Script bagi Pemula - Part 2 : Sejarah Java Script


Java Script pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich, saat dia masih bekarja di Netcape Communications Corporation dengan nama Mocha, lalu diganti namanya menjadi LiveScript  dan akhirnya diganti menjadi JavaScript. 
Pada dasarnya source codenya tidak beda jauh dengan bahasa pemrograman lainnya karena source codenya sama berisi kumpulan instruksi program. Bedanya pada Java Script digunakan untuk memanipulasi elemen-elemen HTML dan menambahkan Style secara otomatis, sehingga web menjadi lebih interaktif.
Java Script 1.0 sudah banyak mengalami perkembangan dari awal rilisnya pada tahun 1995. Pertama dirilis Java Script 1.1 pada tahun 1996. Kedua dirilisnya Java Script 1.2 pada tahun 1997. 
Pada tahun 1996, Netscape menyerahkan proses standarisasi spesifikasi bahasa Java Script ke ECMA(European Computer Manufacturers Association) dan akhirnya melakukan standarisasi Java Script.
Java Script bisa digunakan untuk banyak tujuan seperti membuat efek rollover baik digambar maupun di teks  dan bisa membuat AJAX.
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *