Belajar Java Script bagi Pemula - Part 5 : Menampikan Pesan Error


Kesalahan penulisan atau logika yang salah, kurang tanda ";" sebagai penutup baris bisa menyebabkan error saat mengcompile program kita. Dalam bahasa pemrograman yang lain sering kali langsung  memunculkan pesan error ketika terjadi kesalahan atau error program. Kemudahan menjalankan Java Script hanya dengan menjalankannya di web browser, memberikan masallah tersendiri bagi paraa programer. Karena berbeda dengan  bahasa pemrograman yang lain, JavaScript tidak bisa langsung menampilkan pesan errornya di web browser.
Web browser merupakan aplikasi yang menampilkan halaman web secara default saja yang artinya web browser ini menyembunyikan permasalahan atau error koding pada halaman yang akan ditampilkan. Ini menyebabkan programmer pemula kesulitan melihat dan mengecek pesan-pesan error yang ada di halaman web.
Sebelumnya untuk melihat pesan-pesan error  kita harus menggunakan plugin tambahan yang perlu diinstal di web browser kita. Plugin Firebug ini menawarkan fasilitas lengkap untuk menulis program,debugging dan mengedit source code JavaScript pada saat yang bersamaan.
Namun pada masa sekarang ini web browser sudah menyediakan Tools Developer untuk menampilkan kesalahan saat proses debugging terutama untuk Java Script.
Menu Developer Tools yang ada di Google Chrome.
Ketika anda menggunakan Google Chrome maka terdapat ftur Developer Tools yang dirancang untuk pengembangan web. Fitur ini bisa menampilkan error pada Java Script,HTML,CSS dan melihat efeknya secara real time. Untuk mengaktoifkan fitur ini bisa masuk ke tombol setting (pojok kanan atas dengan gambar titik 3). Pilih menu More Tools lalu pilih Developer Tools atau bisa dibuka dengan shortcut dengan menekan tombol : ctrl+shift+i. Maka akan muncul tampilan seperti ini :
Setelah itu maka akan banyak tab yang muncul untuk keperluan debugging, selanjutnya buka menu console karena pada menu ini pesan error akan ditampilkan :
gambar diatas menunjukan tidak kode program yang error. Untuk mencobanya silahkan edit source codenya lalu hapus beberapa tulisan lalu jalankan lagi.
contoh diatas saya mencoba hillangkan var1 pada getElementById maka akan muncul errror seperti diatas, karena dia kehilangan variabel var1 yang akan ditampilkan.
Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *