Belajar Java Script bagi Pemula - Part 3 : Memulai Java Script



Aplikasi yang dibutuhkan untuk memulai Java Script
Java Script merupakan bahasa yang berjalan pada web browser, jadi aplikasi yang dibutuhkan untuk menjalankannya adalah web browser dan text editor. Contoh Web Browser seperti Mozila, Chrome,Safari,Explore dan lain-lain.





sedangkan Text Editor bisa menggunakan Sublime atau notepad++.  Notepad++ merupakan teks editor bawaan windows yang ringan dan free (gratis). Saya sarankan untuk anda menggunakan sublime karena penggunaannya lebih mudah dan tampilannya lebih menarik.
Tampilan Notepad++
Tampilan sublime

Cara Penulisan Java Script
Penuliasan Java Script dibedakan menjadi 2 yaitu secara internal dan external. Penulisan secara internal yaitu dengan cara menyisipkan langsung syntax Java Script kedalam file HTML, diantara tag <script></script> atau <head></head> atau <body></body>
Beberapa pengetahuan dasar untuk memulai penulisan Java Script :
  • Disimpan dalam file dengan extensi .js
  • Disisipkan dalam file html ditulis didalam tag <script></script>
  • Diakhiri dengan ;
  • Syntax bisa diletakan dibagian elemen tag <head> atau <body>
  • sifatnya Case Sensitive (sensitif dalam penulisannya).

Penggunaan Java Script secara Internal
Jika Text editor dan Web Browser anda sudah tersedia, silahkan mencoba untuk menjalankan source code Java Script untuk yang pertama kalinya.  Silahkan buka Text Editor (saya sarankan menggunakan sublime) save dengan nama belajar.html, lalu ketikan kode program berikut ini :
 Perhatikan diatas terdapat elemen div dengan id="nama". Lalu diberikan sentuhan java script. document adalah syntax wajib java script, fungsi getElemenId adalah untuk mendpatkan elemen dengan id sesuai dengan isi id name.
Jangan lupa tekan ctrl+s untuk menyimpan lagi. Selanjutnya buka web browser anda, contohnya chrome, lalu klik dan drag file anda menuju web browser anda.
maka akan muncul tampilan seperti ini :
Penggunaan Java Script secara External
Setelah kita belajar cara penulisan java script secara internal sekarang kita akan belajar bagaimana cara menyisipkan java script secara external. Pertama buatlah 2 file dengan nama belajar.html dan belajae.js. Lalu ketikan kode dibawah ini :
belajar.html
belajar.js
jika dijalankan maka hasilnya akan sama.

Previous
Next Post »

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *